20 Agustus 2008

THE POWER OF FUSION

Peribahasa Brasil mengatakan,

“Ketika aku bermimpi sendiri, itu hanyalah sebuah mimpi. Ketika kita bermimpi bersama, itu adalah awal sebuah kenyataan. Ketika kita bekerja bersama, mengikuti mimpi kita, itu adalah penciptaan surga di dunia”

Kebersamaan merupakan penyatuan tanda. Kebersamaan menciptakan tanda dengan makna baru. Seperti penyatuan antara molekul hidrogen dan oksigen yang membentuk senyawa air (H2O). Hidrogen punya kegunaan, oksigen memiliki manfaat, akan tetapi keduanya bergabung menjadi unsur penting di dunia, air. Setiap persenyawaan adalah energi, penggabungan adalah kekuatan. Prinsipnya adalah fusi atau penggabungan. Seperti huruf membentuk kata, kata membentuk kalimat, kalimat membentuk cerita.

Sebagaimana pribahasa Brasil di atas, penyatuan mimpi melahirkan tenaga penarik yang besar dari imajinasi masa depan, begitu juga dengan penyatuan kekuatan sebagai aset masa kini. Energi fusi diwujudkan dalam bentuk dorongan ledakan yang dahsyat. Dahsyatnya energi fusi ini seperti bara api. Arah lidah api yang mendorong ke atas melawan grafitasi adalah bukti dari kekuatan penggabungan, menghasilkan energi panas dan cahaya. Arah lidah api ini bergerak menuju tempat yang sama, yaitu atas. Inilah yang disebut sebagai gerakan sinergis dari penyatuan kekuatan.

Sinergi merupakan term yang digunakan untuk menggambarkan sebuah situasi dengan hasil akhir adalah sesuatu yang lebih hebat dari penambahan bagian-bagian. Sinergi dapat juga berarti:

  • Hubungan yang mutual dimana keseluruhan lebih hebat daripada penambahan bagian-bagiannya.
  • Keadaan dinamik yang mengombinasikan aksi semua orang melebihi penambahan aksi dari masing-masing orang.
  • Perilaku dari sistem holistik tidak dapat diprediksikan dengan perilaku masing-masing bagian secara terpisah.

Penyatuan kekuatan ini seperti sebuah mozaik. Setiap orang bisa jadi mempunyai kekuatan yang beraneka ragam, tetapi semuanya bisa saling melengkapi hingga membentuk kekuatan besar yang bermakna. Mozaik juga terdiri dari gambar-gambar yang berbeda, bahkan tidak sama dalam bentuk dan warna, akan tetapi gambar-gambar tersebut bisa menjadi unsur yang saling melengkapi menciptakan satu gambaran besar yang indah. Bagaimananpun bentuk dan warnyanya, semuanya punya sumbangsih, punya andil, berguna, berpotensi, bermanfaat, berkiprah dan bergerak untuk menuju kepada visualisasi tujuan bersama.


Rudi Cahyono

http://rudolphcahay.blogdrive.com/

untuk indie-leader

Tidak ada komentar: