18 Juni 2008

Dalam bulan-bulan belakangan ini energi sedang difokuskan kepada program yang diberi tajuk Teacher Effectiveness Development Program. Ini merupakan program pengembangan yang bersifat menyeluruh dengan guru sebagai pusat sasaran. Artinya, pengembangan memang ditujukan untuk institusi atau sekolah secara keseluruhan, akan tetapi memfokuskan pada guru, yang nantinya diharapkan juga akan mengarah pada pencapaian tujuan sekolah secara keseluruhan. Program pengembangan dititikberatkan pada fungsi guru sebagai pengajar dan atau pendidik.

Bentuk pembelajaran mandiri yang digunakan adalah model self-directed learning (1). Model ini lebih banyak berkaitan dengan metode pembelajaran dalam pengelolaan diri. Untuk lebih jelasnya, beberapa hal mengenai self-directed learning dapat dipilah menajdi poin-poin berikut:
a.Pembelajaran individual yang dapat memberdayakan individu untuk mengambil peranan dalam berbagai keputusan yang berhubungan dengan usaha pembelajaran.
b.Lebih dipandang sebagai kontinum atau karakteristik dengan beberapa tingkatan pada diri setiap orang dan situasi belajar.
c.Pembelajaran tidak mungkin dilakukan dalam situasi yang terisolasi dari lingkungan atau orang lain.
d.Pembelajar mandiri lebih nampak sebagai proses transfer dalam dua hal, yaitu pengetahuan dan keterampilan dari satu situasi ke situasi yang lain.
e.Pembelajaran mandiri dapat melibatkan berbagai aktivitas dan sumber, seperti panduan membaca, partisipasi dalam belajar kelompok, masa pembelajaran, dialog lewat internet, dan aktivitas menulis reflektif.
f.Peran efektif guru dalam self-directed learning sangat dimungkinkan, seperti dialog antar pembelajar, perawatan sumber daya, evaluasi keluaran, dan berpikir kritis.
g.Beberapa lembaga pendidikan menggunakan cara untuk mendukung self-directed learning melalui program belajar terbuka, pembelajaran individual, pembelajaran modern dan program inovatif lainnya.

Proses self-directed learning secara singkat dapat dijelaskan dalam tahap-tahap yang berupa siklus sebagai berikut:
1. Penemuan pertema: Diri ideal saya
Pencarian yang dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan “Saya ingin menjadi seperti apa?
2. Penemuan kedua: Diri riil saya
Pencarian yang dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan “Siapakah saya saat ini?”, “Apa kekuatan dan kesenjangan saya?”
3. Penemuan ketiga: Agenda pembelajaran saya
Pencarian yang dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana saya bisa membangun kekuatan sambil mengurangi kesenjangan saya?”.
4. Penemuan keempat: Bereksperimen dan mempraktekkan perilaku, pikiran dan perasaan baru sampai ke tingkat penguasaan.
5. Penemuan kelima: Mengembangkan relasi yang mendukung dan yang memercayai yang memungkinkan perubahan

(1)Model pembelajaran yang juga diterapkan pada Indie Leader Training

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Prezados clientes


Quem quer comprar carne de 1ª qualidade é favor de me contactar...vendemos carne fresca do sudoeste asiático.Carne tenra e fresca ( ainda menores)de primeira mão, sem doenças contaminadas, algumas ainda usa fraldas....vitório é prova de qualidade. também tenho bom vinho, da terra do meu avô, loucor beirão acompanhado com o chouriço português do meu avô...ainda tenho pra vender os meus tomates, ainda virgens e frescas...acompanha de suco bem doce...pois confeço que tenho diabetes, ainda vendo em saldos bananão bem grande de de marca tiu monte, acreditam que nunca viram banana tão grande e ríj, também acompanhada de suco que é especialidade da casa...não esqueçam que também tenho chourição (dos grandes)à venda e tão boa qualidade que até se vibram...fazemos entregas ao domicílio...para terminar apresento-vos o meu chouricao de burro, directamente do meu quintal sempre de melhor qualidade, e garanto-vos que vão ficar mais espertos depois de comer chourição de burro

saudações

Vitório Rosário Cardoso